Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI SMP NEGERI 1 WLINGI

struktur organisasi SMPN 1 Wlingi

struktur organisasi SMPN 1 Wlingi

Deskripsi Pekerjaan (Job Description)

            Dalam melaksanakan dan memperlancar aktifitas sehari-hari tiap-tiap sub sistem pada SMP Negeri 1 Wlingi memiliki gambaran pekerjaan yang berbeda-beda. Gambaran pekerjaan pada masing-masing sub system tersebut adalah sebagai berikut :

a.   Kepala Sekolah

Kepala Sekolah betindak sebagai pimpinan tertinggi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah.  Tugas Kepala Sekolah yang kompleks tersebut,  tidak dapat dirumuskan seluruhnya kedalam suatu prosedur tugas  Kepala Sekolah.  Meski pun demikian, standar minimal prosedur tugas Kepala Sekolah dapat digolongkan menjadi tujuh pokok sebagai berikut:

  1. Kepala Sekolah Sebagai Pendidik (Edukator).
  2. Kepala Sekolah Sebagai Manajer.
  3. Kepala Sekolah Sebagai Administrator.
  4. Kepala Sekolah Sebagai Supervisor (Penyelia).
  5. Kepala Sekolah Sebagai Leader (Pemimpin).
  6. Kepala Sekolah Sebagai  Inovator.
  7. Kepala Sekolah sebagai Motivator.

 

b.   Komite Sekolah

Tugas pokok komite sekolah yaitu Bersama pihak sekolah :

  1. Merumuskan dan menetapkan visi dan misi sekolah
  2. Menyelenggarakan rapat-rapat komite sesuai dengan program yang ditetapkan
  3. Menyusun dan menetapkan standar pelayanan pembelajaran di sekolah
  4. Menyusun dan menetapkan rencana stategik pengembangan sekolah.
  5. Menyusun dan menetapkan rencana kerja tahunan sekolah yang dirumuskan dalam Rencana Anggaran dan Belanja Sekolah (RAPBS ).
  6. Membahas dan menetapkan pemberian tambahan kesejahteraan bagi kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi sekolah yang berasal dari masyarakat/ orang tua.
  7. Mengembangkan prestasi unggulan, baik yang bersifat akademis (nilai tes harian, semesteran , dan Ujian sekolah/Ujian nasional), maupun yang bersifat non-akademis (keagamaan, olah raga, seni dan atau keterampilan) bagi seluruh siswa di sekolah
  8. Menghimpun dan menggali sumber dana dari masyarakat luas untuk meningkatkan kualitas pelayanan di sekolah.
  9. Mengelola dana yang bersumber dana dari masyarakat luas untuk kepentingan peningkatan layanan pendidikan yang bermutu.
  10. Menampung dan menyalurkan kontribusi masyarakat yang berupa material dan non material (tenaga, pikiran) yang diberikan kepada sekolah.
  11. Mengevaluasi pelaksanaan program sekolah sesuai dengan kesepakatan dengan pihak sekolah, meliputi : pengawasan penggunaan sarana dan prasarana sekolah, pengawasan keuangan secara berkala dan berkesinambungan.
  12. Mengidentifikasi berbagai permasalahan yang dihadapi sekolah dan mencari solusinya bersama pihak sekolah.
  13. Mengembangkan kurikulum yang ditetapkan pemerintah sesuai dengan kebutuhan dan potensi sekolah untuk menjadi program unggulan.
  14. Memberikan motivasi dan penghargaan ( baik berupa materi maupun non materi kepada tenaga kependidikan atau pihak lain yang berjasa kepada sekolah sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  15. Membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan proses dan hasil pendidikan di sekolah.
  16. Memantau pelaksanaan proses pelayanan dan hasil pendidikan di sekolah.
  17. Mengkaji laporan pertanggung jawaban pelaksanaan program yang disampaikan oleh Kepala Sekolah.\
  18. Menyampaikan usulan atau rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah.
  19. Memantau dan mendata anak yang tidak mampu untuk mendapat bantuan keringanan dan/atau pembebasan biaya pendidikan berdasarkan ketentuan yang berlaku
  20. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi, baik itu yang bersifat akademis ataupun non-akad
  21. Sebagai Mintra Sekolah
  22. Sebagai Penghubung Sekolah dengan Stakeholders Pendidikan
  23. Sebagai Penasehat Sekolah\
  24. Sebangai Pengontrol Sekolah

 

c.   Wakil Kepala Sekolah

Wakil kepala sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

1.   Menyusun perencanaan, membuat program kegiatan dan pelaksanaan  program

2.   Pengorganisasian

3.   Pengarahan

4.   Ketenagaan

5.   Pengkoordinasian

6.   Pengawasan

7.   Penilaian

8.   Identifikasi dan pengumpulan data

9.   Penyusunan laporan

 

d.   KTU (Kepala Tata Usaha)

Kepala Tata Usaha sekolah mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

1.   Penyusunan program kerja tata usaha sekolah.

2.   Pengelolaan keuangan sekolah.

3.   Pengurusan administrasi ketenagaan dan siswa.

4.   Pembinaan dan pengembangan karir pegawai serta tata usaha sekolah.

5.   Penyusunan administrasi perlengkapan sekolah.

6.   Penyusunan dan penyajian data / statistik sekolah.\

7.   Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K.

8.   Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan  secara berkala

 

e.   Guru Urusan Kurikulum

Tugas Pokok Guru Urusan Kurikulum adalah sebagai berikut:

1.   Mempersiapkan rapat-rapat guru

2.   Menelaah dan mempelajari perkembangan kurikulum, kurikulum baru untuk ditetapkan di sekolah.

3.   Merencanakan pembagian tugas mengajar.

4.   Merencanakan dan melaksanakan ulangan-ulangan, ujian blok, pembagian rapor dan kenaikan kelas.

5.   Merencanakan pembagian tugas mengajar

6.   Mengevaluasi hasil kerja

7.   Melaksanakan kegiatan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional

8.   Mengusahakan peningkatan mutu pelajaran

9.   Mengumpulkan dan memeriksa buku persiapan mengajar, program semester dan program tahunan.

10. Mengkoordinasikan guru MGMP local (sekolah)

11. Meneliti dan mempersiapkan siswa yang akan diusulkan untuk PMDK.

12. Mengumpulkan soal-soal ulangan harian dan ujian blok.

13. Memperbanyak/menggandakan soal ulangan umum

14. Mengumpulkan nilai ulangan harian, ujian blok dan nilai rapor

15. Memantau dan mengevaluasi kegiatan pelajaran

16. Mengumpulkan program tahunan, program semester, dan rencana mengajar.

17. Merencanakan dan melaksanakan latihan Ujian Sekolah/Ujian Nasional, SPMB.

18. Mengevaluasi hasil latihan Ujian Sekolah/Ujian Nasional, SPMB.

19. Mengaktifkan guru MGMP local, memprogram pertemuan guru MGMP local.

20. Mengaktifkan dan membina kelompok ilmiah remaja di sekolah.

21. Mengkoordinasikan ketetapan waktu untuk mengajar/bertugas (kontinyu).

22. Memonitor tugas wali kelas, guru piket, guru mata pelajaran (kontinyu).

23. Mengatur jadwal Supervisi guru Mata Pelajaran.

24. Supervisi guru Mata Pelajaran/pendelegasian dari Kepala Sekolah, bila Kepala Sekolah berhalangan.

25. Menyusun persiapan Ujian Blok Semester Ganjil  dan Semester Genap, Ujian Sekolah/ Ujian Nasional dan PPDB.

26. Membentuk koordinasi guru mata pelajaran dan monitoring pelaksanaan KBM.

 

f.    Guru Urusan Kesiswaan

Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:

1.   Menyusun program pembinaan kesiswaan (OSIS), meliputi: Kepramukaan, PMR, KIR, UKS, PKS, Paskibraka, pesantren kilat, dan sebagainya.

2.   Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS

3.   Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi

4.   Menyusun jadwal dan pembinaan serta secara berkala dan incidental

5.   Membina dan melaksanakan koordinasi 9 K

6.   Melaksanakan pemilihan calon siswa berprestasi dan penerima bea siswa

7.   Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah

8.   Mengatur mutasi siswa

9.   Menyusun dan membuat kepanitiaan Penerimaan Siswa Baru dan pelaksanaan MOS

10. Menyusun dan membuat jadwal kegiatan akhir tahun sekolah

11. Menyelenggarakan cerdas cermat dan olah raga prestasi

12. Membuat laporan kegiatan kesiswaan secara berkala

 

g.   Guru Urusan Sarpras

Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:

1.   Menyusun program pengadaan sarana dan prasarana

2.   Mengkoordinasikan penggunaan sarana prasarana

3.   Pengelolaan pembiayaan alat-alat pengajaran

4.   Mengelola perawatan dan perbaikan sarana prasarana

5.   Bertanggung jawab terhadap kelengkapan data sekolah secara keseluruhan

6.   Melaksanakan pembukuan sarana dan prasarana secara rutin

7.   Menyusun laporan secara berkala

 

h.   Guru Urusan Humas

Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:

1.   Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan dewan sekolah

2.   Membina hubungan antara sekolah dengan wali murid

3.   Membina pengembangan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya

4.   Membuat dan menyusun program semua kebutuhan sekolah

5.   Koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan sekolah

6.   Menciptakan hubungan yang kondusif diantara warga sekolah

7.   Melakukan koordinasi dengan semua staf dan bertanggung jawab untuk mewujudkan 9 K

8.   Menyusun program kegiatan bakti sosial, karya wisata, dan pameran hasil pendidikan

9.   Mewakili Kepala Sekolah apabila berhalangan untuk mnghadiri rapat masalah-masalah yang bersifat umum

10. Menyusun laporan secara berkala

 

i.    Wali Kelas

Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:

1.   Pengelolaan Kelas:

a.   Tugas Pokok meliputi:

-     Mewakili orang tua dan kepala sekolah dalam lingkungan pendidikan

-          Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

-          Membantu pengembangan keterampilan anak didik

-          Membantu pengembangan kecerdasan anak didik

-          Mempertinggi budi pekerti dan kepribadian anak didik

b.   Keadaan Anak Didik

-          Mengetahui jumlah anak didik

-          Mengetahui jumlah anak didik putra (Pa)

-          Mengetahui jumlah anak didik putrid (Pi)

-          Mengetahui nama-nama anak didik

-          Mengetahui identitas lain dari anak didik

-          Mengetahui kehadiran anak didik setiap hari

-          Mengetahui masalah-masalah yang dihadapi anak didik (tentang pelajaran, status social/ekonomi, dan lain-lain).

c.   Melakukan Penilaian

-          Tingkah laku anak didik sehari-hari di sekolah

-          Kerajinan, ketekunan, dan kesantunan

-          Kepribadian/tatib dan lain-lain

d.   Mengambil Tindakan Bila Dianggap Perlu

-          Pemberitahuanh , pembinaan, dan pengarahan

-          Peringatan secara lesan

-          Peringatan khusus yang terkait dengan BP/Kepala Sekolah

e.   Langkah Tindak Lanjut

-          Memperhatikan buku nilai rapor anak didik

-          Memperhatikan keberhasilan/kenaikan anak didik

-          Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan anak didik

-          Memperhatikan dan membina suasana kekeluargaan

2.   Penyelenggaraan Administrasi Kelas meliputi:

a.   Denah tempat duduk anak didik

b.   Papan absensi anak didik

c.   Daftar Pelajaran

d.   Daftar Piket

e.   Buku Absensi

f.    Buku Jurnal kelas

g.   Tata tertib kelas

3.   Penyusunan dan pembuatan statistic bulanan anak didik

4.   Pengisian DKN dan Daftar Kelas

5.   Pembuatan catatan khusus tentang anak didik

6.   Pencatatan mutasi anak didik

7.   Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar

8.   Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar

 

j.    Dewan Guru

Tugas Pokok dan Fungsi Guru yaitu bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam melaksanakan KBM, meliputi:

1.   Membuat kelengkapan mengajar dengan baik dan lengkap

2.   Melaksanakan kegiatan pembelajaran

3.   Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, ulangan umum, dan ujian akhir

4.   Melaksanakan analisis hasil ulangan harian

5.   Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan

6.   Mengisi daftar nilai anak didik

7.   Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan), kepada guru lain dalam proses pembelajaran

8.   Membuat alat pelajaran/alat peraga

9.   Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni

10. Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum

11. Melaksanakan tugas tertentu di sekolah

12. Mengadakan pengembangan program pembelajaran

13. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar anak didik

14. Mengisi dan meneliti daftar hadir sebelum memulai pelajaran

15. Mengatur kebersihan ruang kelas dan sekitarnya

16. Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkat

 

k.   Siswa

Mengikuti pelajaran dengan baik di sekolah, mentaati peraturan sekolah, menghormati kepala sekolah serta guru-guru selayaknya menghormati orang tua di rumah, Menuruti perkataan guru, bersikap sopan terhadap guru dan kepala sekolah.

Top